Ujian Tulis SNMPTN 2013 Resmi dihapuskan | Zaykoplo

Ilustrasi SNMPTN 2012. (Foto: Rifa Nadia N/Okezone)
Ilustrasi SNMPTN 2012. (Foto: Rifa Nadia N/Okezone)
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memantapkan hati untuk menghapus ujian tulis pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Tahun depan, SNMPTN akan digelar hanya melalui jalur undangan.

Ketua SNMPTN 2013 Akhmaloka memaparkan, pola jalur undangan yang diterapkan pada SNMPTN 2012 kini menjadi pola tunggal dalam SNMPTN 2013. "Seleksia akan dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya, serta mempertimbangkan nilai ujian nasional (UN). Kemendikbud belum berpikir untuk mengubah pola UN," kata Akhmaloka dalam acara Launching SNMPTN 2013 di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2012) malam.

Dalam acara yang diikuti pimpinan PTN seluruh Indonesia ini, Rektor Institut Teknologi Banduing (ITB) itu merinci, ada 61 PTN di seluruh Indonesia yang turut serta dalam SNMPTN 2013. Selain itu, kemungkinan besar UIN Wali Songo, Semarang dan Universitas Terbuka juga akan bergabung dalam SNMPTN 2013.

"Diperkirakan 1,5 juta siswa SMA/sederajat akan mengikuti SNMPTN 2013," imbuhnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh menyatakan, pola seperti ini sebenarnya memberikan kemudahan bagi lulusan SMA/sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Selain itu, implementasi kebijakan integrasi UN dengan SNMPTN secara tidak langsung memberi pengakuan dari "kakak", dalam hal ini PTN, kepada "adik", yakni SMA/sederajat.

"Jangan sampai tidak ada pengakuan akademik ini, kesannya ada semacam diskonektivitas antara jenjang yang di bawah dengan di atasnya," kata Nuh.

Berdasarkan jadwal yang disusun panitia SNMPTN 2013 dengan Kemendikbud, seleksi akan dilakukan pada 9 Maret hingga 27 Mei 2013. Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Mei 2013
Ujian Tulis SNMPTN 2013 Resmi dihapuskan | Zaykoplo 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Ujian Tulis SNMPTN 2013 Resmi dihapuskan | Zaykoplo' On ...

Ditulis oleh: The ZANK - Rabu, 17 Oktober 2012

16 komentar untuk "Ujian Tulis SNMPTN 2013 Resmi dihapuskan | Zaykoplo"

  1. Bagaimana nasib alumni yg ingin masuk ptn tahun depan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk alumni dapat mengikuti ujian jalur mandiri, dapat dilihat disini http://www.zaykoplo.blogspot.com/2012/12/ujian-tulis-snmptn-2013-telah.html

      Hapus
  2. Apakah masih ada test jalur mandiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk alumni dapat mengikuti ujian jalur mandiri, dapat dilihat disini http://www.zaykoplo.blogspot.com/2012/12/ujian-tulis-snmptn-2013-telah.html

      Hapus
  3. daripada menghapus snmptn sih,mending yang dihapus UN ,karena kalo cm ngandelin nilai dari SMA ,bisa aja nilai itu dibuat tinggi biar lolos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda, karena nilai raport saya pernah dicurangi

      Hapus
  4. nasib angkatan atas yg akan mengulang? nasib lulusan yg lintas IPA-IPS/IPC? lagipula nilai UN dan rapot tidak ada standard baku jadi nilai bisa aja dikatrol guru2 dan dinas pendidikan di daerah. intinya, kebijakan ini justru membuka celah kecurangan dan ketidakadilan. sistemnya masih kacau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju sekali dengan pendapat anda, karena nilai raport ada di tangan guru, walaupun pada hakikatnya ada laporan ke Mentri Pendidikan dan Kebudayaan

      Hapus
  5. education in indonesia unfair.
    haruskah cuma orang kaya yang boleh kuliah
    gimana nasib bangsa bisa maju kalo gitu...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan gitu mas.
      SNMPTN tahun yang lalu juga pake biaya registrasi kok
      cuma saja, tahun ini SNMPTN di gratiskan, namum jalur mandiri tetap dikenakan biaya
      coba aja lihat di http://www.zaykoplo.blogspot.com/2012/12/ujian-tulis-snmptn-2013-telah.html

      Hapus
  6. untuk alumni silahkan lihat disini http://www.zaykoplo.blogspot.com/2012/12/ujian-tulis-snmptn-2013-telah.html

    BalasHapus
  7. wah itu bagus dgn menghapus ujian tertulis. Berarti mempermudah calon mahasiswa utk masuk PTN. Terintregasi SMU sama PT. Gak ribet ky dulu angkatan gue. Hasil nilai di SMU tidak sia2. Kerja keras kita di SMU ada reward nya. Klo dlu kan nilai bagus di SMU gak jamin masuk PTN. Yg penting anak-anak muda kita harus kuliah, mo nilai dikatrol yang penting anak muda kita mengenyam PT. Gmn nasib anak2 muda kita klo cuma lulusan SMU doang. Gratiskan biaya kuliah juga !

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih telah berkunjung ke blog saya

      Hapus
  8. enak bangeed yaa, cuma seleksi nilai rapor dan prestasi lainnya, serta mempertimbangkan nilai ujian nasional (UN)..
    dlu wktu ikud PMDK di UNJ, pake test tertulus sama wawncara sgala..
    ckckckck, smangaat deeh yaa buad ade ade angkatan tahun ini... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih telah berkunjung ke blog saya

      Hapus

Tinggalkan Komentar berupa sarannya ya